Gebyok Jati Jepara

Gebyok jati jepara merupakan karya seni ukir khas Jawa. gebyok jati jeparaSelain berfungsi sebagai pintu utama dirumah anda, bisa juga berfungsi sebagai penyekat ruangan. Gebyok jati jepara juga dapat digunakan sebagai ornamen penghias suatu ruang dengan ruangan lainnya yang dilengkapi dengan pintu pada sebuah bangunan. Gebyok pada umumnya berbentuk ukiran khas Jawa dan terbuat dari material kayu jati pilihan berkualitas tinggi. Kayu jati dipilih karena sifat kayu jati kuat secara struktur dan tahan terhadap cuaca. Selain dari ketahanan terhadap kondisi cuaca, kualitas kayu jati dapat dilihat dari warna dan seratnya. Semakin rapat serat kayu dan semakin tua warna kayu maka kualitas akan semakin tinggi. Ragam motif ukiran gebyok cukup beragam seperti ukiran Jepara, Kudus maupun Jawa pada umumnya.

Usaha yang mulai dirintis pada tahun 2011 ini bernama ADHIKARYAFURNITURE.COM
Selain memproduksi gebyok, Toko Online “ADHIKARYAFURNITURE.COM” Juga melayani berbagai macam pesanan pembuatan furniture asli Jepara seperti : gazebo, kursi tamu, meja makan, lemari pakaian, lemari pajangan, sofa, meja kerja, kaligrafi, tempat tidur, relief, rak buku, mimbar podium, meja kursi sekolah dll

Bisnis kreatif Adhi Karya Furniture tidak hanya menggunakan material kayu jati saja, tetapi juga menggunakan kayu mahoni. Kayu jati yang digunakan sebagai bahan baku gebyok terdiri dari tiga jenis yaitu kayu Jati Perhutani, Jati Kebon dan Jati Sulawesi. “Kayu jati yang kami gunakan minimal berumur 25 tahun. Hal ini kami lakukan untuk tetap menjaga kualitas kayu jati itu sendiri” Bahan baku kami peroleh dari hunting sendiri dalam bentuk kayu gelondongan maupun dari orang yang menjual gebyok miliknya secara langsung. “Gebyok lama biasanya kami dapatkan dari daerah Jepara sendiri, Solo maupun daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur”

Proses pembuatan gebyok jati jepara terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah penyiapan bahan baku. Bahan baku kayu glondong dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah bahan baku dipotong tahapan selanjutnya adalah molding (pemolaan). Kayu digambar sesuai pola yang sudah dibuat. Sesudah tahap molding selesai dilakukan lalu kayu diukir sesuai dengan motif. Tahap ketiga adalah pengamplasan. Pengamplasan dilakukan lebih dari satu kali untuk mendapatkan tingkat kehalusan yang sempurna. Pengamplasan pertama adalah pengamplasan filler dan pengamplasan dasaran. Tahap terakhir adalah proses finishing. “Untuk finishing kami menggunakan finishing cat air dan finishing eksterior melamin. “Finishing pewarnaan menggunakan metode gloss, semi gloss dan doff”

Untuk motif ukiran gebyok terdiri dari motif ukiran Kudus, ukiran Jawa serta ukiran motif Cina. Perbedaan motif antara Kudus dan Jawa terletak pada dimensi ukiran. Ukiran motif Kudus memiliki ketebalan 2,5-4 cm, bentuk ukuran lebih kecil, detail dan berbentuk tiga dimensi. Motif Jawa memiliki ketebalan yang lebih tipis dari motif Kudus tetapi bentuk-bentuk ornamen ukirannya lebih besar dan berbentuk satu dimensi. Motif Cina letak perbedaannya terdapat pada bentuk ornamen ukiran yang didominasi oleh ukiran bentuk tumbuhan hewan dan bentuk naga. “ Selain desain yang sudah tersedia pembeli juga bisa membawa desain sendiri” Proses yang dibutuhkan untuk mengerjakan sebuah gebyok ditentukan dari ukuran serta jenis motif ukiran dalam sebuah gebyok. Untuk ukuran standar 120 cm x 270 cm membutuhkan waktu 2 minggu. Untuk ukuran 3 m x 270 cm dapat menghabiskan waktu sekitar 1 bulan. Produk Gebyok Adhi Karya Furniture dirancang knock down sehingga memudahkan dalam proses pemasangannya. Setiap bulannya Adhi Karya Furniture dapat mengerjakan pesanan rata-rata sebanyak dua puluh orderan gebyok.

Pemasaran produk gebyok jati Adhi Karya Furniture cukup luas. Konsumen berasal dari konsumen lokal dan mancanegara. Konsumen lokal didominasi dari kota- kota besar di pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan kota-kota lainnya. “Untuk pembeli lokal kebanyakan datang sendiri ke alamat kami. Untuk pasar luar negeri datang dari Malaysia” Gebyok Adhi Karya Furniture dipasarkan mulai dari harga 9.7 juta hingga 350 jutaan rupiah. Harga yang ditawarkan tergantung dari bahan baku, ukuran serta proses kerumitan ukiran. Desain untuk gebyok ukuran 1,70 m x 2,80 m yang terbuat dari jati Sulawesi dijual di kisaran harga 9.7 jutaan sedangkan jika kayu jati dari Perhutani dengan ukuran yang sama dijual di angka 15 jutaan. Untuk gebyok ukuran 4 m x 2, 80 m yang terbuat dari jati Sulawesi dijual di kisaran harga 30 jutaan sedangkan jika kayu jati dari Perhutani dengan ukuran yang sama dijual di angka 60 jutaan. Untuk gebyok ukuran 3 m x 2, 80 m yang terbuat dari jati Sulawesi dijual di kisaran harga 18.7 jutaan sedangkan jika kayu jati dari Perhutani dengan ukuran yang sama dijual di angka 35 jutaan. “ Semakin tua kayu tentu akan mempengaruhi harga jualnya”

ADHIKARYAFURNITURE.COM
Jalan Tunas Inti Pecangaan Kulon, Jepara, Jawa Tengah
Telp 081 325 453 500

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *